Internet dikenal sebagai komunitas yang tidak mengenal aturan. Dalam
internet semua orang berhak bertindak, berinisiatif, berkreasi apa saja
tanpa ada yang melarang dan menentang. Internet bersifat bebas ! Namun
meskipun bersifat bebas dan terbuka, ternyata berinternet juga memiliki
batasan-batasan yang musti kita perhatikan. Batasan-batasan atau etika
tersebut berupa tata tertib berinternet yang sering disebut Nettiquette!
Seperti halnya berkomunikasi melalui surat analog atau bertatap muka,
berkomunikasi dengan e-mail butuh etika yang dinamakan Nettiquette (atau
Netiket = netter etiket). Bisa dibayangkan, hampir setiap hari ada
jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang.
Maka jika salah-salah kata, bisa berakibat fatal. Tapi memang sangat
menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya
menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang
kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan,
"saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi,
ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya:
1. Perlakukan e-mail secara pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan secara pribadi, tidak
sepatutnya kita mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau
mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
2. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-
kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail
memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan si penerima akan
meneruskannya (forward) ke orang lain.
3. Jangan gunakan huruf kapital
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang
menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat.
Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan
email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap
berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada
maksud Anda.
4. Jangan terlalu banyak mengutip
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari
sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang
Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip
pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian
yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
5. Jangan gunakan CC (copy carbon)
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di
mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris
CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda,
akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak
suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC
(blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat
alamat e-mailnya sendiri.
6. Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan
format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa
memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca
atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
7. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga
pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang
panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini
sangat menyebalkan.
Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way (=
ngomong-ngomong) bisa disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut
hemat saya) bisa disingkat IMO. Because (=karena) bisa disingkat menjadi
'coz. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are
you?, bisa diganti menjadi How R U? Kalimat "Menurut hemat saya" bisa
diganti menjadi IMHO (In My Humble Opinion) dan sebagainya.
Sumber : Sumber Berita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar